Image default
Media Partner

Sederet Manfaat Hebat yang Kamu Dapat Setelah Puasa Ramadan


AKURAT.CO, Hari ini, semua umat Muslim seluruh dunia tengah merayakan hari raya Idul Fitri 1440 H dengan penuh suka cita setelah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan yang baru saja dilewati.

Meski harus berjuang menahan rasa lapar dan haus selama sebulan penuh, ada manfaat dari berpuasa akan kamu dapatkan setelah ini. Dirangkum AkuratHealth dari beberapa sumber, kurang lebih ada tujuh hal yang membuktikan dampak positif yang didapat tubuh setelah seseorang berpuasa.

Menurunkan berat badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih cukup beruntung jika berpuasa. Namun, itu apabila dengan menjaga makannya setelah berbuka. Pola makan yang benar ketika sahur dan berbuka bisa terbukti menurunkan berat badan.

Mengontrol gula darah

Puasa dapat menghentikan glukosa sehingga tubuh mendapatkan energi yang mengurangi produksi insulin (hormon yang diproduksi oleh pankreas). Ini memberikan pankreas beristirahat yang membuat gula darah terkontrol.

Mengontrol tekanan darah tinggi

Puasa dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis atau penyempitan dan penebalan arteri yang menyumbat arteri oleh partikel lemak. Puasa membantu menjaga laju metabolisme tetap stabil yang dapat mengendalikan tekanan darah tinggi.

Mempertahankan kekuatan otot

Lemak yang tersimpan di ototmu akan digunakan. Setiap kali kamu mengonsumsi karbohidrat, glikogen (sel-sel lemak) ditambahkan yang mengarah ke penambahan berat badan. Namun selama berpuasa, sel-sel lemak akan digunakan sebagai sumber energi dan akan membuat otot-otot kencang dan kuat tanpa sel-sel lemak berlebih.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Makan-makanan sehat ketika Anda berpuasa dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan racun, dan lemak yang tersimpan berkurang. Ketika kurma dan buah dimakan untuk berbuka, akan meningkatkan cadangan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Membantu menyembuhkan inflamasi

Manfaat fisik lain dari puasa selama Ramadan adalah membantu mengobati penyakit radang dan alergi. Beberapa contoh penyakit inflamasi adalah radang sendi dan penyakit kulit, seperti psoriasis.

Meningkatkan fungsi otak

Banyak penelitian menunjukkan puasa dapat meningkatkan produksi protein tertentu yang bermanfaat bagi fungsi otak. Protein ini akan membantu mengaktifkan sel induk otak sehingga dapat berfungsi secara optimal.[]

baca juga:


Baca Selengkapnya

Related Articles

Catat Tanggal Perhelatan 'Jakarta Sneaker Day 2019'

AKURATCO OFFICIAL

Krakow dan Valencia Terpilih jadi Kota Terbaik di Eropa

AKURATCO OFFICIAL

Berwisata ke Kepulauan Seribu kini Lebih Aman dan Nyaman, Ada Moda Transportasi Baru Lho!

AKURATCO OFFICIAL