Image default
Masakan Rumah Pilihan Editor

Benang Putih Buah Pisang

Benang Putih pada Buah Pisang

Pada saat kita melihat bagian yang aneh pada buah atau sayur, banyak orang secara otomatis membuangnya. Contohnya, tidak sedikit orang yang memilih untuk membuang bagian kulit ari yang menempel pada daging buah salak.

Serupa dengan buah salak, buah pisang pun punya bagian yang tidak lazim, yaitu semacam benang putih yang menempel di antara daging buah dan kulitnya.

Ternyata, bagian-bagian yang tidak lazim itu tidak tercipta begitu saja tanpa ada manfaatnya. Kenyataannya, benang putih buah pisang yang kerap seringkali tidak kita sadari ini sama bergizinya dengan daging dari buah pisang. Bagian ini kaya akan potasium, serat, vitamin A, dan vitamin B6.

Benang Putih buah Pisang ini dalam bahasa sains disebut dengan untaian phloem. Phloem sendiri adalah termasuk jaringan pada tanaman yang bertugas menyalurkan nutrisi.

“Untaian phloem terdiri dari sel-sel hidup yang menghantarkan zat makanan dan gula ke seluruh bagian tanaman,” ungkap Rebecca Lee, seorang ahli botani bersertifikat, dilansir dari Readers Digest.

Itulah sebabnya mengapa benang putih pada pisang bertindak sebagai ‘pembuluh darah’ yang menyalurkan banyaknya nutrisi penting di seluruh bagian pada buah berkulit kuning ini agar bisa berkembang dengan semestinya.

“Bagian ini tidaklah lengket atau menjijikkan. Benang ini hanya membantu pisang untuk tumbuh dan supaya rasanya makin lezat,” tambah Elizabeth Trattner, seorang dokter spesialis pengobatan alternatif.

“Tidak apa-apa memakannya meski bentuknya berbeda dari daging buah yang biasa dimakan,” tambahnya.

Selain itu, untaian phloem juga bisa dimanfaatkan untuk melihat apakah buah pisang itu layak untuk dikonsumsi. Jika semua nutrisinya belum tersebar secara sempurna ke seluruh buah, untaian phloem itu akan menempel lebih lekat pada bagian daging buah pisang.

Artinya, buah pisang itu secara bentuknya masih belum matang. Sebaliknya, jika buah pisang yang sudah matang atau bahkan sudah terlalu matang, benang putih pada buah pisang tersebut akan terkelupas dengan mudah. Mulai dari sekarang jangan ragu untuk memakannya agar lebih maksimalkan gizinya.

 

Sumber: AKURAT.CO                                                                                                                            Editor: Dhimas.MS

Related Articles

8 Kuliner Masakan Khas Daerah Madiun

Dhimas Maulana Sidik

Resep Ramen Lezat Kuah Pedas

Resep dan Tips Cara Membuat Katan Durian

Dhimas Maulana Sidik