Image default
Media Partner

Bunda, Ini Tahapan MPASI yang Dianjurkan Dokter Anak


AKURAT.CO, Masa pengenalan makanan padat (weaning) atau biasa disebut masa pemberian Makanan Pendamping ASI (ASI’ class=’related-tag’>MPASI) adalah bagian penting dalam periode 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) si kecil.

Pemenuhan nutrisi pada masa tersebut akan menentukan masa depannya. Oleh sebab itu, pemahaman dan penerapan kebiasaan makan yang baik (healthy eating habit) yang tepat dari para orangtua sangat penting untuk mendukung tercukupinya asupan nutrisi buah hati tercinta pada periode ini.

Dokter spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, dr. Frieda Handayani, SpA(K), mengungkapkan tahapan ASI’ class=’related-tag’>MPASI yang sesuai yang perlu di aplikasikan oleh para orangtua. Hal itu ia sampaikan kepada AkuratParenting di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

baca juga:

“Tahapan ASI’ class=’related-tag’>MPASI jadi untuk usia 0 sampai 6 bulan itu proses menyusui ekslusif saja. Pada usia 6 sampai 8 bulan anak disarankan mengonsumsi makanan yang dihaluskan dan disaring dengan tekstur lembek dan terlalu encer,” bukanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan tahapan ASI’ class=’related-tag’>MPASI pada usia 9 hingga 12 bulan.

“Di usia 9 sampai 10 bulan, beri anak makanan yang dilumatkan. Bahan makanan sama dengan orang dewasa, tapi rasanya disesuaikan dengan anak-anak. Makanan dibuat ditumbuk, tekstur makanan agar kasar. Usia 11 sampai 12 bulan makanan dibuat dengan dicincang kasar. Lebih dari 12 bulan sudah bisa makan yang dimasak biasa seperti makanan orang dewasa atau istilahnya makanan keluarga,” tambahnya.

Namun, dalam pemberian makanan keluarga, taste yang ditawarkan juga harus diperhatikan.

“Saat si kecil sudah diberi makanan keluarga, jangan berikan makanan yang pedas dan berbumbu tajam, buah-buahan asam, dan makanan mengandung gas. Selain itu, hindari makanan yang mengandung banyak gula, garam, penyedap rasa, dan yang berlemak jenuh,” tutup dr. Frieda.[]


Baca Selengkapnya

Related Articles

Penting bagi Pria, Ini 5 Makanan yang Bisa Tingkatkan Kualitas Sperma

AKURATCO OFFICIAL

Agar Berkelas Dunia, Seluruh Destinasi Wisata Harus Tersertifikasi Pariwisata Berkelanjutan pada 2020

Gaya Parenting Ayah Kerap Disalahkan, Kenapa?

AKURATCO OFFICIAL