Image default
Media Partner

Bau Kaki? Coba Pakai Teh Hitam!


AKURAT.CO, Kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang memiliki lebih dari 250 ribu kelenjar keringat, yang mana menjadi yang paling banyak dari semua bagian tubuh. Jika digabungkan, maka sepasang kaki memiliki total 500 ribu lebih kelenjar keringat.

Dengan jumlah kelenjar keringat sebanyak itu, akan menghasilkan sekitar setengah liter keringat per harinya. Biasanya, keringat pada kaki dapat terlihat dari telapak kaki yang kerap basah dan menimbulkan bau tidak sedap.

Akan tetapi, keringat sendiri sebenarnya tidaklah berbau. Yang menyebabkan timbulnya bau adalah bakteri yang terperangkap dalam sepatu atau kaos kaki. Ketika seseorang menggunakan sepatu, kurungan kaki di dalam sepatu membuat jamur dan bakteri ikut berkembang saat keringat.

Jamur, bakteri dan keringat yang menyatu menghasilkan zat yang disebut asam isovaleric. Asam isovaleric sendiri dapat mengeluarkan bau yang khas yang sering kita kenal dengan bau kaki.

Namun, ada sebuah cara sangat sederhana untuk mencegah bau kaki timbul ketika kamu memakai sepatu yang mungkin tidak kamu ketahu bahkan sadari. Hanya dengan menggunakan teh hitam, kamu bisa menghilangkan bau kaki yang membuat malu diri sendiri dan menganggu orang lain yang menciumnya.

Kamu hanya perlu menyiapkan 2 sampai 3 buah teh hitam celup dan sebuah wadah seperti baskom. Seduh teh hitam tersebut ke daam baskom dengan air hangat kurang lebih sebanyak 1 liter. Setelah itu, rendam kakimu selama beberapa menit dengan air teh tersebut

Setelah selesai, bilas sampai bersih kakimu dan keringkan. Hal simpel ini akan membantu menghilangkan bau kaki itu sebab kandungan asam yang ada di dalam teh dapat menutup pori-pori, yang membantu mengurangi jumlah keringat.

Selain itu teh juga berperan sebagai antibiotik alami yang ampuh membunuh bakteri di kaki.[]

baca juga:


Baca Selengkapnya

Related Articles

Di Daerah Jaksel, Ada Kedai Kopi yang Homie Banget, Yuk Mampir!

AKURATCO OFFICIAL

Update Penderita DBD, Jawa Timur Masih Menduduki Peringkat Pertama

AKURATCO OFFICIAL

Belajar Tentang Suku Dayak di Museum Kalimantan Barat

AKURATCO OFFICIAL