Image default
Pilihan Editor Serba-Serbi Kuliner

Ada Keripik dari Kapuas yang Bisa Bikin Awet Muda

Selain punya bentangan alam yang memukau, Indonesia juga dikenal dengan surganya kuliner. Boleh dibilang, bahan olahan bisa saja sama. Tapi, masing-masing daerah mengolahnya dengan campuran dan cara yang lain, yang kemudian menghasilkan varian menu baru, dengan nama yang lain pula.

Kekayaan kuliner ini juga ditopang oleh bahan dasar pangan yang melimpah di negeri ini. Salah satunya di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Daerah ini punya satu kuliner lokal yang sekarang sedang banyak diminati. Bahan dasarnya dari daun kelakai. Kelakai adalah tumbuhan liar sejenis ganggang yang banyak dijumpai di daerah rawa-rawa Kalimantan.

Kelakai memiliki nama latin, stenochlaena palustris, yang ternyata punya khasiat untuk kesehatan. Kelakai sudah lama dimanfaatkan masyarakat Suku Dayak sebagai sebagai obat yang dipercaya bisa membuat seseorang awet muda. Ini yang membuat daun kelakai banyak diburu.

Baca Juga:

Setelah semakin banyak yang mengonsumsinya, banyak yang merasa bahwa kelakai masih punya efek lain. Keluhan diare dan darah rendah mereka bisa diminimalisir setelah mengonsumsi tanaman liar ini.

Karena khasiatnya yang ampuh inilah, kelakai sudah mulai dibudidaya untuk dijual. Kamu akan banyak menemukannya di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Kapuas ini. Harganya juga tidaklah mahal. Hanya 1-2ribu rupiah saja, per ikatnya.

Banyak yang membutuhkan kelakai, mereka lebih memilih membeli, ketimbang mencarinya di rawa-rawa. Karena selain repot, bisa jadi salah ambil, karena Kelakai selalu tumbuh di antara rumput liar lainnya.

:Image

Image: Keripik kelakai. INSTAGRAM/dwisetijowidodo

Pentingnya kehadiran Kelakai bagi masyarakat Dayak ini, akhirnya diolah dalam banyak varian makanan, salah satunya dibuat keripik. Mereka mengolahnya cukup sederhana. Dogoreng saja dalam minyak yang penuh dalam wajan besar, setelah sebelumnya daun kelakai muda dicuci bersih lalu dicelup dalam adonan tepung.

Digoreng pun tak lama. Hanya mematangkan tepung dan merenyahkan daun kelakai ini sampai benar-benar kriuk. Rasanya cukup unik, renyah dan lumayan gurih. Keripik kelakai biasanya dikemas dalam bungkusan seharga 10-20 ribu rupiah, dan banyak dijual di daerah ini.

Keripik ini bisa jadi oleh-oleh untuk teman dan keluargamu jika kamu baru dari Kapuas. Ini khas, karena tidak akan kamu dapati dari daerah lain. Apalagi, bisa bikin awet muda. Hoho!

 

Sumber: AKURAT.CO
Editor: Dhimas.MS

Related Articles

5 Makanan Terenak dan Terkenal Dari Negara Afghanistan

Dhimas Maulana Sidik

3 Rekomendasi Masakan Rumah Untuk Mamah

Dhimas Maulana Sidik

Lezatnya Martabak Telur Menggunakan Telur Bebek

Dhimas Maulana Sidik

Leave a Comment