Image default
Daerah dan Mancanegara Pilihan Editor

9 Kuliner Khas Daerah Tanjung Pinang

Siapa tak kenal Tanjung Pinang? Kota yang terletak di Kepulauan Riau ini terkenal dengan lokasi wilayah pesisirnya sehingga masyarakat telah terbiasa untuk memanfaatkan kehidupan bahari mereka dengan mengolah bahan-bahan dasar seperti ikan menjadi kuliner unggulan.

Baca Juga:

Hal wajib yang tak boleh dilewatkan adalah membeli oleh-oleh khas Tanjung Pinang untuk orang terdekat. Apalagi, buah tangan khas Tanjung Pinang sangat beragam dan mungkin tak bisa Toppers temui saat kamu kembali ke tempat tinggal asalmu.

Penasaran apa saja rekomendasi terbaik oleh-oleh khas Tanjung Pinang? Berikut adalah 9 oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang harus Toppees bawa pulang versi Tokopedia:

1. Nasi Dagang

Hasil gambar untuk nasi dagang
Image: Trending Dunia

Mirip nasi uduk yang dibungkus model nasi kucing angkringan. Di dalam bungkus daunnya sudah lengkap ada nasi bersantan, lauk, dan sambal. Harganya sekitar Rp 5 ribu.

2. Lemper

Lemper Tanjungpinang spesial karena bentuknya berbeda.

Hasil gambar untuk lemperImage: Sipendik

Bukannya pendek bulat macam lemper daerah lain, tapi kurus, panjang, dan langsing. Isiannya suwiran ikan tongkol. Pas dikunyah akan ketemu sensasi pedas.

3. Otak – Otak

Otak-otak ala Tanjungpinang ini beda banget sama otak-otak yang saya kenal (versi Jakarta). Kalau di Jakarta warnanya putih keabuan, di Tanjungpinang warnanya kuning dengan harum rempah yang pekat.

Hasil gambar untuk otak otak tanjung pinang
Image: Aneka Olahan Kopi

Teksturnya juga lebih halus, ga perlu gigit kuat-kuat karena dia lumer di mulut. Otak-otak gampang ditemui di pasar/daerah pecinan.

4. Tepung Gomak

Kue ini dinamakan tepuk gomak karena berbalut tepung yang tebal. Ketemu di warung kue di daerah pecinan, Tanjungpinang.

Hasil gambar untuk tepung gomak tanjung pinangImage: Topikunik

Rotinya dari kacang hijau, dalamnya ada isian kelapa parut yang dimasak dengan gula merah. Rasa isiannya mirip dengan dadar gulung, tapi bagian luarnya mirip dengan mochi.

5. Deram-Deram

Namanya lucu ya, deram-deram. Kue ini khas dari Pulau Penyengat tapi mudah ditemui di swalayan sekitaran Tanjungpinang. Bentuknya bulat dengan bolongan di tengah, mirip donat mini.

Hasil gambar untuk deram-deram tanjung pinang
Image: wonderfull kepri

Bahan dasar deram-deram adalah tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Konon dulu kue ini merupakan salah satu camilan yang disediakan di kesultanan Melayu.

6. Bingke Pandan

Ini kue favorit saya di Tanjungpinang. Saya sebenarnya ga begitu suka kue yang manis, tapi bingke pandan ini sulit sekali ditolak.

Gambar terkait
Image: Sedikit Cerita Untuk Kenangan

Kuenya harum, berlemak santan. Belanjanya di RM Tarempa. Harga kuenya Rp 15 ribu, cuma dibuat 30 buah per hari.

7. Luti Gendang

Mudah ditemui di warung makan sekitaran Tanjungpinang. Harga perbuahnya Rp 2500 saja. Isian rotinya macam-macam, tapi ikan yang jadi favorit.

Gambar terkait
Image: Tokopedia

Rasanya gurih, makannya ga akan cukup sebiji karena rotinya imut-imut dan bikin nagih. Luti gendang bisa dipesan mentah untuk dibawa pulang. Sampai rumah simpan di kulkas, tinggal goreng saja kalau hendak dikonsumsi.

8. Gonggong

Gonggong atau Canarium Stroumbus adalah sejenis siput/kerang laut yang merupakan makanan khas masyarakat di Kepulauan Riau.

Hasil gambar untuk Canarium Stroumbus tanjung pinangImage: Tribunnews.com

Kemarin saya coba gonggong di rumah makan Sei Enam Seafood. Olahannya sederhana, hanya direbus saja, sebagai pelengkap ada sambal untuk cocolan.

9. Akau – Potong Lembu

Tukang jajan pasti bahagia mampir ke sini. Segala ada, mulai dari seafood, mie, nasi, daging-dagingan (sapi-ayam-babi), sampai buah-buahan.

Hasil gambar untuk akau - potong lembu tanjung pinangImage: TripAdvisor

Supaya tak menyesal, jelajahi dulu lokasinya sebelum memutuskan hendak jajan apa. Akau buka setiap hari dari sore – tengah malam.

Editor: Dhimas.MS
Sumber: atemalem.com

Related Articles

Cobain Yuk! Bakmi Tomyam, Bakmitopia dengan Kuah Lezat

Dhimas Maulana Sidik

7 Rekomendasi Masakan Negara Georgia

3 Menu Cemilan Pedas Rumahan

Dhimas Maulana Sidik