Image default
Daerah dan Mancanegara Pilihan Editor

5 Rekomendasi Makanan Khas Tual

Selain keindahan alamnya, Kei mempunyai banyak kuliner yang sangat menggugah selera. 5 Rekomendasi Makanan Khas Tual sangat lekat dengan kondisi alamnya di mana singkong menjadi bahan baku utama kuliner mereka.

Baca Juga:

Berikut 5 Rekomendasi Makanan Khas Tual, apa saja yuk kita simak bersama-sama:

1. Ikan Asar

Ini adalah salah satu menu utama masyarakat kuliner masyarakat Kei, yang berupa ikan yang diolah dengan cara diasap. Biasanya ikan asar berbahan baku ikan laut seperti ikan komo (tongkol), ikan sapuda (kakap), atau ikan semandar (baronang). Ikan asar dimakan dengan embal, sambal colo-colo dan sirsir atau lad.

Hasil gambar untuk ikan asar
Image: IndonesiaKaya.com

Rasa gurih ikan sangat terasa karena masyarakat Kei terbiasa memasak dengan bahan baku ikan yang masih segar. “Di sini ikannya hanya mati sekali,” seloroh mereka tentang kesegaran ikan-ikannya, “Bukan ikan yang mati 4 kali seperti di Jawa!”

2. Embal

Merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Kei yang berasal dari singkong. Bentuk, rasa dan cara menikmatinya pun bermacam-macam, bisa dimakan dengan ikan asar, ikan kuah, sayur dll pada saat makan besar, bisa pula dimakan sebagai penganan dengan dicelup ke dalam teh.


Image: Imgrum

Ada embal yang berbentuk bubuk, goreng, embal swami dan embal busa (dicetak).Saat ini Embal juga sudah diproduksi oleh masyarakat sebagai oleh-oleh dengan berbagai rasa.

3. Kue Langar

Penganan khas Kei ini terbuat dari singkong yang disangrai setengah matang dan ketika masih hangat disiram dengan santan kemudian digumpal-gumpal dibentuk seperti anyaman kemudian digoreng dengan minyak panas.

Hasil gambar untuk kue langar
Image: Resep Masakan Nusantara

Langar sudah dibuat juga dalam bentuk stik dengan berbagai varian rasa seperti keju, cokelat, pandan dan rasa lainnya dan bisa dijadikan oleh-oleh khas Kei.

4. Lad

Lad atau tumis rumput laut adalah makanan khas masyarakat Kei yang sangat lezat sebagai lauk pauk. Varian dari Lad adalah rumput laut segar ditumis singkat dengan bawang merah, bawang putih dan cabai atau dicampur dengan kelapa parut seperti urap.

Gambar terkait
Image: keimaluku.blogspot.com

Masyarakat Kei bisa menyantap Lad dengan nasi, embal atau ketupat sebagai teman lauk utama berupa ikan. Rasa lezat rumput laut segar yang baru saja dipanen membuat selera makan kita menjadi bertambah. Rumput laut mempunyai kandungan protein tinggi.

5. Sirsir

Sayuran khas Kei ini berupa tumisan daun singkong dan bunga pepaya yang ditambah santan pukat. Sama seperti Lad, Sirsir dimakan sebagai lauk embal dan ikan asar.

Hasil gambar untuk sir sir tual
Image: Trip Trus

Rasa segar dan sedikit pahit menjadi sensasi sendiri bagi mereka yang menyantap menu tradisional ini. Keunikan rasa makanani ini membuat masyarakat Kei sampai mempunyai lagu tentang sirsir.

 

Editor: Dhimas.MS
Sumber: www.triptrus.com

Related Articles

5 Kuliner Lezat Khas Negara Bolivia

Dhimas Maulana Sidik

Pisang Goreng Tanduk dan Kopi Gayo di Kopisang, Wajib Coba!

Dhimas Maulana Sidik

Resep dan Tips Cara Membuat Katan Durian

Dhimas Maulana Sidik