Image default
Daerah dan Mancanegara Pilihan Editor

5 Menu Masakan Khas Palangkaraya

Berlibur ke Palangkaraya rasanya kurang lengkap bila tidak mencicipi beraneka ragam makanan khasnya yang lezat. Mulai dari makanan berat hingga camilan bisa kamu coba di sini.

Baca Juga:

Makanan khas daerah ini tidak hanya bisa kamu temukan di rumah-rumah warga, tetapi juga di berbagai macam restoran yang ada di sekitar Palangkaraya.

Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai makanan khas Palangkaraya yang menarik untuk dicoba.

1. Kalumpe

Kalumpe juga termasuk ke dalam masakan tradisional khas Suku Dayak yang berasal dari Kalimantan Tengah. Di daerah asalnya, kalumpe juga dikenal dengan nama karuang.

Image result for kalumpe palangkaraya
Image: Borneonews

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kalumpe ada bermacam-macam, mulai dari daun singkong, kacang tanah hingga ikan teri. Menyantap Kalumpe dengan satu porsi nasi hangat dan sambal terasi.

2. Jelawat Goreng

Jelawat  merupakan ikan endemik yang hidup di sungai-sungai di Kalimantan. Ada berbagai macam cara yang digunakan untuk mengolah ikan jelawat.

Image result for jelawat palangkaraya
Image: Sriwijaya Post – Tribunnews.com

Dengan bumbu khusus, jelawat bisa diolah dengan cara dibakar, digoreng atau hingga digulai. Ikan jelawat juga banyak digemari oleh masyarakat Palangkaraya karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang cenderung lembut.

3. Wadi Patin

Sesuai dengan namanya, wadi patin sendiri merupakan makanan tradisional khas Palangkaraya yang terbuat dari bahan dasar ikan patin.

Image result for wadi patin palangkaraya
Image: Travelingyuk.com

Tidak seperti kuliner khas Palangkaraya lainnya, ikan patin di sini melalui proses fermentasi terlebih dahulu sebelum diolah sehingga menimbulkan rasa asam dan asin secara bersamaan. Setelah melalui tahap fermentasi, ikan patin kemudian diolah kembali dengan cara dikukus atau digoreng.

4. Bangamat

Jika sebelumnya nama kelelawar tersemat dalam kuliner hintalu karuang, kuliner khas Palangkaraya bernama bengamat menggunakan kelelawar sungguhan sebagai bahan utamanya. Kelelawar yang digunakan dalam bengamat merupakan kelelawar pemakan buah.

Image result for bangamat palangkaraya
Image: Bangamat

Jenis kelelawar pemakan buah dipilih karena ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan lainnya. Sebelum dimasak, bengamat harus dibersihkan terlebih dahulu dari kuku serta bulu-bulu kasarnya. Setelahnya, barulah kelelawar dimasak menggunakan rempah-rempah.

5. Keripik Kalakai

Kalakai adalah sebuah tanaman yang kemudian diolah untuk dijadikan camilan oleh masyarakat Palangkaraya. Nenek moyang masyarakat Palangkaraya percaya kalau tanaman kalakai bisa diolah karena memiliki berbagai macam khasiat seperti menambah darah dan menjaga agar kulit awet muda.

Image result for keripik kelakai palangkaraya
Image: Kamera Budaya

Untuk bahan dasar camilan, tanaman kalakai yang dipilih adalah yang masih muda kemudian dicampur dengan tepung berbumbu. Rasanya yang gurih dan renyah menjadikan keripik kalakai banyak digemari oleh masyarakat.

 

Editor: Dhimas.MS
Sumber: blog.reddoorz.com

Related Articles

Serba-Serbi Kuliner Makanan dan Minuman Kekinian Yang Wajib Diketahui

Dhimas Maulana Sidik

4 Kuliner Khas Daerah Riau

Dhimas Maulana Sidik

5 Kuliner Negara Myanmar Terenak Di Dunia

Dhimas Maulana Sidik