Image default
Daerah dan Mancanegara Pilihan Editor

10 Masakan Khas Negara Iran

Salah satu hal menarik yang dapat memikat para wisatawan adalah 10 Masakan Khas Negara Iran yang cukup menggugah selera.

Baca Juga:

Di Timur Tengah seperti Iran sendiri, makanan khas dari negara tersebut memiliki citarasa yang kaya akan bumbu ataupun aroma. Bahkan tidak jarang proses penyajian makanan khas Iran menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Iran sendiri beribukota di Teheran, memiliki deretan makanan khas yang wajib anda coba. Langsung saja anda bisa menyimak makanan khas Iran di bawah ini.

1. Ash Reshteh

Makanan khas Iran yang berikutnya adalah ash resthe. Masakan ini adalah sup yang terbuat dari bahan mie dan dilengkapi dengan berbagai macam sayuran herbal dan kacang-kacangan.

Hasil gambar untuk Ash Reshteh
Image: Tasting Table

Selain itu, untuk bagian topinya diberikan Daun mint, bawang merah goreng dan bawang putih. Makanan ini juga menjadi hidangan yang wajib saat musim dingin.

2. Jigar

Makanan khas Iran berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah jigar. Jigar ini sendiri merupakan kebab hati yang dipotong dan disajikan dengan bumbu khas Iran. Ini merupakan sate khas Iran yang memiliki cita rasa lezat.

Hasil gambar untuk jigar iran
Image: Deskgram

Bagi anda yang ingin menikmati makanan ini, anda bisa menyelimuti sate dengan roti segar. Selain itu anda juga bisa memilih jeroan sesuai dengan keinginan anda.

3. Zoolbia Bamieh

Zoolbia Bamieh merupakan salah satu makanan khas dari Iran yang biasanya digunakan sebagai hidangan saat berbuka puasa. Makanan ini memiliki bentuk bulat dan terbuat dari campuran tepung, telur, butter dan resep lainnya.

Hasil gambar untuk zoolbia bamieh
Image: Rumble

Untuk menyantapnya, anda bisa menyalurkan makanan ini ke dalam sirup yang terbuat dari gula ataupun air mawar. Sekilas memang makanan ini memiliki kemiripan dengan donat.

4. Laboo

Makanan khas ini sendiri berasal dari buah bit. Seperti yang kita tahu sayuran berakar ini memang tidak cukup menarik untuk beberapa orang. Tetapi jenis makanan ini justru menjadi favorit bagi masyarakat Iran terlebih lagi apabila musim dingin.

Gambar terkait
Image: harvestillinois.org

Ketika anda berkunjung ke Teheran, sempatkanlah untuk mengunjungi para pedagang yang menjual makanan khas Iran ini. 

5. Balal

Di Iran, anda juga bisa menemukan dengan mudah para penjual jagung bakar. Jagung bakar yang ada di Iran ini memang memiliki keunikan tersendiri dimana sebelum dibakar, jagung akan dicelupkan ke wadah berisi air yang memiliki rasa asin.

Hasil gambar untuk balal
Image: My Persian Kitchen

Selain itu makanan ini juga dijadikan sebagai cemilan saat musim dingin di Iran. anda bisa menemukan dengan mudah para penjual balal ini.

6. Chai

Selain memiliki masakan khas yang akan membuat para wisatawan berdatangan, Iran ternyata juga memiliki minuman khas yang bercita rasa yaitu chai.

Hasil gambar untuk chai
Image: Sweet Simple Vegan

Chai sebenarnya berasal dari India dan dibawa ke Iran. Chai yang berasal dari Iran ini memiliki keunikan tersendiri dimana, anda akan menemukan aroma yang khas pada teh hitam. Selain membeli chai siap minum, anda juga bisa membelinya berupa kemasan yang dijual per kg.

7. Polo

Hidangan masakan yang berasal dari Iran yang tidak boleh anda lewatkan berikutnya adalah polo.

Hasil gambar untuk makanan polo iran
Image: GoTravelly

Polo ini merupakan nasi putih yang disajikan secara terpisah ataupun dicampurkan dengan sayuran daging ataupun rempah-rempah khas timur tengah.

8. Safran

Safran merupakan sejenis tanaman bumbu yang berasal dari Iran dan banyak dicari oleh para wisatawan. Bahkan Safran tergolong sebagai bumbu termahal di dunia. Safran bisa menjadi oleh-oleh khas timur tengah yang wajib anda bawa pulang.

Hasil gambar untuk safran iran
Image: IqraShop

Selain itu Safran bisa menjadi solusi untuk anda yang ingin memasak masakan khas timur tengah terutama Iran. anda bisa membelinya per kilo ataupun ke dalam bentuk kemasan agar lebih praktis.

9. Fesenjan

Masih ada lagi makanan khas Ramadhan yang berasal dari Iran yang memiliki citarasa tinggi yaitu Fesenjan. Makanan ini memiliki kaldu kental yang berasal dari sirup delima dan kenari.

Hasil gambar untuk fesenjan iran
Image: Tribun Travel – Tribunnews.com

Bahkan juga terbuat dari kaldu unggas berupa bebek ataupun ayam. Rasa makanan ini cenderung asam manis. Dan biasanya dihidangkan dengan polo atau chelo yaitu sejenis nasi putih yang berasal dari Persia.

10. Pistachio

Pistachio adalah sejenis kacang yang cukup terkenal di Iran dan wajib anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Iran.

Hasil gambar untuk pistachio iran
Image: Persians Are Not Arabs

Anda bisa menemukan dengan mudah jenis kacang pistachio ini baik itu yang belum dikupas ataupun telah dikupas. anda juga bisa datang ke Grand bazaar di Teheran untuk menemukan kacang ini.

Editor: Dhimas.MS
Sumber: www.gotravelly.com

Related Articles

Cobain Yuk! Bakmi Tomyam, Bakmitopia dengan Kuah Lezat

Dhimas Maulana Sidik

Resep dan Tips Kagape Kambing

Dhimas Maulana Sidik

5 Makanan Terenak dan Terkenal Dari Negara Afghanistan

Dhimas Maulana Sidik