Image default
Daerah dan Mancanegara Pilihan Editor

10 Macam Kuliner Khas Lombok

Jalan-jalan tanpa makan-makan seperti bumbu tanpa Garam. Jalan-jalan ke pulau Lombok, belum lengkap jika tidak mencicipi berbagai 10 Macam Kuliner Khas Lombok yang siap memanjakan lidah anda.

Baca Juga:

Pulau Lombok memiliki berbagai macam kuliner khas yang harus dicicipi oleh para traveler yang mengunjunginya. Makanan khas Pulau Lombok terkenal dengan ciri khas rasa pedas, karna kebanyakan Masyarakat di lombok menjadikan cabe Rawit sebagai bahan dasar setiap sajian masakan mereka.

Yuk kita simak bersama:

1. Sate Bulayak

Sate bulayak adalah makanan khas Pulau Lombok yang terdiri dari sate dan bulayak. Bulayak memiliki tekstur seperti ketupat, tetapi dengan bentuk bulat memanjang.

Hasil gambar untuk sate bulayak
Image: makanajib.com

Keunikannya adalah bungkus bulayak bukan dari daun pisang atau daun kelapa melainkan dari daun aren. Kekhasan sate terletak pada bumbu yang digunakan.

2. Ayam Taliwang

Ayam taliwang adalah salah satu kuliner Lombok yang sudah sangat terkenal. Ayam utuh yang dilumuri bumbu khas kemudian dibakar atau digoreng.

Hasil gambar untuk ayam taliwang
Image: detikFood

Ada banyak restoran ayam taliwan yang bisa anda temukan terutama di wilayah saying-sayang kota Mataram. Sepanjang jalan berderet restoran ayam taliwang di wilayah ini.

3. Nasi Sukaraja

Nasi sukaraja adalah nasi campur yang hanya bisa ditemukan di desa Sukaraja, Ampenan, kota Mataram. Satu porsi nasi campur terdiri dari berbagai macam lauk yang bisa anda pilih.

Hasil gambar untuk nasi sukaraja
Image: Merah Putih

Menu khas suku sasak yang membedakan adalah campuran olah-olah. Olah-olah merupakan sayuran yang dimasak dengan bumbu khusus dan dikasi santan kental.

4. Ikan Bakar Pantai Nipah

Ikan Bakar pantai nipahkuliner lombok ketika mengunjungi pantai-pantai di Lombok. Menikmati ikan bakar sambil melihat keindahan pantai nipah adalah hal yang tidak boleh anda lewatkan jika ke Pulau Lombok.

Hasil gambar untuk ikan bakar pantai nipah
Image: tempatwisataindonesia.id

Sepanjang jalan dari bukit malimbu hingga pantai nipah akan anda temukan para penjual ikan bakar. Biasanya ikan bakar disajikan bersama nasi, pelecing, dan beberuk.

5. Pelecing Kangkung

Pelecing adalah makanan khas masyarakat Lombok yang terbuat dari kangkung khas Lombok. Cara pembuatan pelecing yaitu dengan merebus kangkung hingga matang dan di suir-suir memanjang. Setelah itu dicampur dengan sambal tomat yang pedas.

Hasil gambar untuk plecing kangkung
Image: Resep Masakan

Bumbu sambal tersebut adalah cabe rawit merah, tomat, garam, penyedap, terasi Lombok, dan perasan jeruk purut. Rasa terasi Lombok yang membuat rasa sambal pelecing sangat nikmat disantap bersama nasi putih. 

6. Kelaq Sebie

Sebie dalam bahasa sasak Lombok artinya cabe. Kelaq sebie merupakan kuliner khas Lombok yang paling pedas karena bahan utamanya adalah cabe rawit hijau.

Hasil gambar untuk kelaq sebie
Image: Kuliner Tradisional – Kampung Media

Untuk memasak kelaq sebie kita membutuhkan cabe rawit hijau sekitar satu kilogram. Cabe rawit hijau dipotong-potong agar rasa pedasnya keluar. Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, terasi, garam, penyedap (opsional) dan santan kental.

7. Sate Tanjung

Sate tanjung merupakan sate ikan dengan rasa yang sangat nikmat. Bumbu yang digunakan adalah bumbu khas dengan rasa pedas manis.

Hasil gambar untuk sate tanjung
Image: traveloka.com

Sate tanjung disajikan bersama lontong, urap sayur atau pelecing kangkung. Keunikan dari sate tanjung adalah penyajiannya di atas opak yang terbuat dari singkong. Sate ini bisa ditemukan di daerah tanjung, Lombok Utara.

8. Nasi Puyung

Nasi puyung merupakan nasi campur dengan kekhasan rasa pedas level tinggi. Satu porsi nasi puyung terdiri atas nasi putih, sambal daging, biji kedelai goring, kentang goreng kremes, dan sambal. Keunikan rasa nasi puyung terletak pada sambal pedas dengan bumbu khas suku sasak.

Hasil gambar untuk nasi puyung
Image: Kompasiana.com

Nasi puyung bisa anda nikmati di desa puyung kabupaten Lombok Tengah. Jika tidak sempat ke sana, anda bisa menikmati nasi puyung di warung nasi puyung yang ada di depan Bandara Internasional Lombok.

9. Ares

Ares adalah sayur khas kuliner lombok yang terbuat dari pohon pisang muda. Pisang yang digunakan adalah pohon pisang kapok. Dengan menggunakan bumbu khas, ares menjadi sayur yang wajib anda nikmati jika berkunjung ke Lombok.

Hasil gambar untuk ares lombok
Image: Wisatabaru.com

Dulunya ares hanya bisa dinikmati adalam acara-acara adat saja. Akan tetapi, sekarang anda bisa menikmati ares di warung-warung makan di Pulau Lombok.

10. Kelaq Kelor

Kelor merupakan sayuran yang sangat enak bila dimasak sebagai sayur bening. Mungkin di tempat lain sulit menemukan masyarakat yang memakan daun kelor karena biasanya digunakan saat memandikan mayat.

Hasil gambar untuk kelaq kelor
Image: bali Traveler MagazineThe Traveller

Akan tetapi, bagi masyarakat Lombok sayur kelor menjadi salah satu sayuran khas yang sering dimakan bersama nasi putih dan sambal terasi khas Lombok. Di Lombok timur terdapat warung makan kelor yang senantiasa menyajikan kelaq kelor sebagai menu utamanya.

 

Editor: Dhimas.MS
Sumber: sasambotour.com

Related Articles

3 Masakan Khas Kota Probolinggo

Dhimas Maulana Sidik

Lezatnya Martabak Telur Menggunakan Telur Bebek

Dhimas Maulana Sidik

Nikmatnya Rasa Roti Bakar Gula Aren

Dhimas Maulana Sidik